Comments

Trik Pemakaian Baterai pada Laptop

Posted by at March 26, 2012 Read our previous post
Banyak kesalahan sepele yang sering dibuat pemakai laptop, ya.. masalah baterai.. kebanyakan orang menyepelekan baterai, tidak begitu memperhatikan. Memang baterai tidak terlalu penting.. (karna bisa diganti!!!) ya tapi ada juga cara untuk memperlambat kerusakan pada baterai laptop :).

1.Melepas baterai laptop saat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
Pasti banyak di antara anda semua yang melakukan hal ini. Saya pun juga melakuan hal ini. Tapi ternyata ada kelebihan dan kekurangannya. Jika kita melepas baterai saat sedang menggunakan laptop, maka akan ada kemungkinan besar bahwa laptop akan cepat rusak. Hal ini di karenakan arus listrik yang tidak stabil, dan hal ini dapat merusak motherboard atau komponen laptop lainnya. Tapi jika Anda memiliki stabilizer di rumah anda, maka hal ini tidak perlu di takutkan.Tapi kalau anda tidak menggunakan stabilizer, anda wajib memasang baterai anda untuk mencegah kerusakan pada komponen laptop. Dan perlu anda ketahui juga, bahwa baterai laptop saat ini sudah menggunakan teknologi Li-Ion. Yang artinya, jika pengisian baterai sudah penuh maka pengisiannya akan di hentikan secara otomatis dan listrik akan langsung di salurkan ke laptop. Jadi, kedua hal tadi memiliki nilai plus dan minus masing – masing.
2. Pada penggunaan pertama, baterai harus di isi selama 12 jam
Ini adalah salah satu hal sangat salah. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, baterai laptop saat ini biasanya menggunakan teknologi Li-Ion. Jika baterai nya sudah terisi penuh, maka pengisian akan di hentikan secara otomatis. Jadi jika anda mengisi selama 12 jam dan baterai sudah penuh selama 2 jam, maka 10 jam berikutnya adalah sia-sia.
3. Men charger baterai terlalu lama akan merusak baterai.
Ini juga merupakan pendapat yang salah. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, selama baterai anda adalah tipe Li-Ion & Li-Polymer maka akan aman – aman saja.
Saya rasa sekian dulu info dari saya . Kalau ada yang kurang jelas dari artikel ini silahkan tanya lewat e-mail saya atau posting di artikel ini.
Terima kasih atas kunjungannya.
Sampai jumpa di artikel berikutnya.

No comments:

© reymondrolas is powered by Blogger -