Comments

Sejarah dan Misi Universitas Mpu Tantular

Posted by at July 02, 2013 Read our previous post
Universitas Mpu Tantular secara resmi berdiri berdasarkan keputusan Kopertis Wilayah III DKI Jakarta Nomor 17/Kop.III/S.IX/1984 tanggal 17 Septermber 1984 dibawah naungan Yayasan Budi Murni (YPBM). Pada tahun 2008, YPBM telah berubah menjadi Yayasan Budi Murni Jakarta (YPBMJ) dengan akte notaris Sabrina, S.H, No. 01 tertanggal 2 Juni 2008. Tujuan Universitas Mpu Tantular seperti tertuang pada pasal 1 Lampiran Surat Keputusan Rektor Nomor 11 tertanggal 25 Agustus 1984 adalah :
1. Membentuk manusia berjiwa pembangunan, berjiwa Pancasila, penuh pengabdian dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara Indonesia.

2. Mempersiapkan tenaga yang cakap dan terampil untuk memangku jabatan, mandiri, dan mampu memajukan ilmu pengetahuan.

  • Alasan objektif terhadap pendirian UMT antara lamin adalah perwujudan respons positif YBMJ terhadap kekurangan sarana pendidikan perguruan tinggi di Indonesia. Cikal bakal pendirian Universitas Mpu Tantular ini dimulai dengan dialog singkat tapi mendalam antara Ketua Yayasan Pendidikan Budi Murni, Prof.DR.KP.T. Sinambela Kusumonagoro dengan beberapa tokoh pendidikan di Jakarta pada Maret 1983. Pada pertemuan tersebut disepakati untuk menyiapkan rencana pendirian sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berjalan sesuai dengan tahapannya, diikuti dengan semakin bertambahnya tenaga pemikir dan pekerja yang dapat digolongkan sebagai pelopor utama, bahkan merupakan founding father UMT. Pembahasan dilakukan untuk penentuan program studi yang akan dikelola meliputi : piranti lunak (software),piranti keras (hardware) dan piranti arif (brainware) Tahap awal dilakukan penyusunan rancangan statuta, rancangan bidang keadministrasian dan keuangan, rancangan kurikulum fakultas, penyusunan rancangan sistem pendidikan, dan pemilihan nama Perguruan Tinggi. Sejalan dengan itu setelah diadakan pendekatan dengan garis keturunan Mpu Tantular dan sesuai dengan kesepakatan pendiri universitas, maka atuhlah pilihan pada malam tahun baru Saka 1906 (3 Maret 1984) mengadakan upacara peresmian nama universitas menjadi Universitas Mpu Tantular. Restu diberikan oleh pihak Keluarga Besar Mpu Tantular dalam pemakaian nama ini, yang telah mewariskan terhadap bangsa dan negara, antara lain :
1. Nilai-nilai filosofi dengan perumusan Bhineka Tunggal Ika serta Tut Wuri Handayani yang bahkan kini menjadi filosofi Pendidikan Nasional.

2. Nilai-nilai kultural yang kini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan modal kekayaan kultur bangsa dalam bentuk subkultural Bali.

3. Nilai-nilai historis monumental yang juga merupakan identitas Bangsa Indonesia. Restu ini kemudian diperkuat pula dengan memberikan Keris Pusaka dari Keluarga Mpu Tantular kepada Prof.Dr.W.B. Sidjabat, selaku Rektor pertama pada acara peresmian berdirinya Universitas Mpu Tantular.
VISI,MISI,TUJUAN DAN ASAS UMT

VISI

Menjadi Perguruan Tinggi yang kompeten dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas untggul, mampu berwirausaha dan siap beradaptasi sesuai perkembangan jaman yang kesemuanya diabadikan untuk harkat dan martabat manusia, serta membangun manusia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

MISI

1. Mengingkatkan kualitas proses dan kehidupan akademik yang sehat secara berkesinambungan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang mampu berwirausaha.

2. Meningkatkan kegiatan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan.

3. Menciptakan kehidupan kampus yang didasari atas asas persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Meningkatkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Industri, Lembaga Penelitian, Lembaga Pemerintah dan masyarakat.

TUJUAN

1. Menghasilkan manusia yang berkualitas unggul dan bertanggung jawab secara nasional dan profesional serta berjiwa wirausaha.

2. Mewujudkan sinergisitas unsur-unsur civitas akademika dan karyawan sehingga tercipta wawasan kerjasama yang harmonis dan terpadu.

3. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain, industri, dan lembaga penelitian ,lembaga pemerintah dan masyarakat.

4. Mewujudkan kegiatan mahasisa yang mendukung dan mempererat persatuan dan kesatuan.

5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dalam pengembangan IPTEK yang berwawasn kebangsaan untuk kepentingan kesejahteraan umat manusia

AZAS
Universitas Mpu Tantular didirikan berdasarkan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tujuan Pendidikan yang diselenggarakan adalah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa serta mendukung usaha-usaha pembangunan dalam mencapai kesejahteraan rakyat Indonesia. Universitas Mpu Tantular menyelenggarakan sistem studi yang lebih berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan tenaga profesional, didukung dengan kegiatan penelitian dan praktek kerja nyata di perusahaan dan instansi pemberintah/swasta, dan tetap mengacu pada kurikuluj dan silabus yang telah ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Saya sendiri kuliah di tempat ini, di Universitas Mpu Tantular, saya bangga menjadi Mahasiswa Univ. Mpu Tantular, Yang saya inginkan adalah mengharumkan nama Univ. Mpu Tantular dan mengenalkan kampus saya ke Dunia dengan cara saya membuat Blog ini. "Kepintaran bukan berasal dari kampus tersebut, kepintaran datang melalui diri kita sendiri dengan keinginan kita itu membuat kita menjadi diri sendiri dan pasti kita akan merasakannya. Dengan berorganisasi kita bisa menambah ilmu kita dibidang keorganisasian." seperti halnya Handphone, kita tidak mungkin hanya mengecash HP disatu tempat, disuatu tempat bila batere HP kita Low atau lemah kita bisa mengisi batere ditempat lain. demikian juga Kita, bila kita ingin sukses kita bisa belajar diluar kampus, semakin banyak Ilmu yang kita pelajari semakin banyak Ilmu pengetahuan kita. Sekian Terimakasih :)

No comments:

© reymondrolas is powered by Blogger -