Comments

Enam Langkah Mengambil Keputusan

Posted by at May 14, 2012 Read our previous post
enam langkah mengambil keputusan:

sadarkah anda bahwa anda dihadapkan dengan ratusan pilihan dan keputusan? Namun tidak semua keputusan itu sederhana, banyak keputusanyang membutuhkan perenungan, pemikiran, dan rencana yang matang. Tidak soerangpun didunia mempunyai kemampuan mengambil keputusan yang baik. Itu adalah kemampuan yang harus dipelajari dan diperkuat dengan seringnya menghadapi masalah yang menantang. Berikut adalah enam cara mengambil keputusan yang tepat secara sistematis.

1. Tetapkan sasaranmu
Langkah pertama, tentu saja anda harus mengetahui dengan jelas masalah apa yang anda hadapi. Anda juga harus memiliki tujuan dan hasih yang ingin dicapai setelah anda mengambil keputusan.

2. Cari informasi yang tepat
Informasi adalah kunci untuk mengambil keputusan yang benar. Carilah fakta dan opini yang mendukung keputusanmu. Lakukanlah observasi, wawancara, survei, atau meminta pendapat orang lain.

3. Mencari opsi dan kemungkingan dari berbagai sudut pandang
Dalam mengambil keputusan anda harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada, terutama apabila keputusan yang anda ambil adalah keputusan yang besar. Jangan membatasi dirimu dengan sesuatu yang sudah tersediaatau sesuatu yang sudah ada dipikiranmu.

4. Menganalisin kelebihan dan kekurangan opsi
Gunakan logika dan akal sehatmu untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan atau keuntungan dan kelemahan dari setiap opsi yang ada. Apakah keputusan ini masuk akal?? Ya, tanya pada dirimu sendiri.

5. Jangan mencoba jadi sempurna
Banyak orang menunda- nunda keputusan karna takut salah. Anda harus tahu tidak ada manusia yang sempurna, bahkan seorang pemimpin yang berpengalaman kadang membuat kesalahan. Meskipun anda berbuat kesalahan, anda bisa belajar banyak dari kesalahan tersebut. Dan itulah pengalaman yang berharga.

6. Lakukan meskipun keputusanmu sulit
Sering kali anda harus menhadapi situasi sulit untuk mengambil suatu keputusan. Setelah anda membuat suatu keputusan, bukan berarti pekerjaan selesai disitu saja. Anda harus mengevaluasi dampak dan efek nyata dari keputusan yang sudah anda buat, apabila hasihnya tidak sesuai, anda bisa memutar jalan dan mengambil jalan yang lain. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri.

No comments:

© reymondrolas is powered by Blogger -