Comments

Danau Toba adalah Kaldera Gunung Raksasa

Posted by at October 30, 2012 Read our previous post
Van Bemmelen adalah geolog Belanda, yang mungkin bisa ditunjuk sebagai bapaknya teori Toba sebagai kaldera gunung api. Tahun 1939 ia ditugaskan Pemerintah Belanda untuk meneliti Danau Toba dan akhirnya menemukan bukti bahwa danau indah itu merupakan kaldera gunung raksasa.

Temuan itu memang sempat menimbulkan kontroversi. Namun teori Bemmelen tersebut lambat tapi pasti mulai diterima masyarakat hingga kini, menyusul penemuan abu vulkanik oleh peneliti setelahnya dari beberapa penjuru bumi yang diidentifikasi berasal dari letusan gunung Toba, diprediksi gunung toba adalah gunung terbesar yang pernah ada, pada 10.000 tahun lalu gunung meletus dan mengakibatkan dampak yang cukup besar sampai kebelahan dunia. sampai sekarang gunung itu masih ada di Toba.

Michael L Rampino (New York University), Stephen Self (University of Hawaii at Manoa), kemudian Greg Zielinski (University of Massachusetts) merupakan peneliti berpengaruh yang secara mendalam mempelajari material abu vulkanik Toba. Merekalah yang menyediakan data bagi lahirnya teori Toba Catastrophe yang diyakini membuat kemacetan populasi manusia. Kemudian Stephen Oppenheimer, peneliti genetika asal Inggris yang ahli sintesis DNA telah merilis migrasi manusia dengan judul Journey of Mankind. Tulisan yang disertai simulasi migrasi manusia itu memberi posisi penting letusan Toba yang dianggap melahirkan perubahan drastis genetika pada ras-ras Homo sapiens.

Hingga kini, Indonesia masih sepi dari minat terhadap Toba. Bahkan mungkin sebagian dari kita masih tetap mentok pada pengetahuan bahwa Danau Toba hanyalah sebuah danau besar saja.

Saya mengetahui info ini dari seorang teman yang menhadiri seminar di Jakarta dan saya lihat info di go batak. :)
HORAS!!!

No comments:

© reymondrolas is powered by Blogger -