Comments

Tips Bermain layangan dari awal sampai akhir

Posted by at May 20, 2020 Read our previous post
Bila melihat layangan banyak disore hari, seakan-akan mengingatkan saya kembali pada masa dimana bermain layangan dari siang sampai sore. Ingin rasanya bermain layangan kembali tetapi saya ingat umur yang sudah tidak muda lagi, haha... ya sudah saya bisa menahan keinginan saya untuk bermain layang-layang.

Pada suatu hari ponakan saya melihat layangan dan sontak ingin memainkannya, dengan gercep alias; gerakan cepat saya langsung menjanjikan dan berkata : "Sore kita main layangan ya". Tidak menyangka dengan menagih janji ponakan saya minta main layangan dan akhirnya saya mencari penjual layangan (muter-muter keliling kampung).

Disini saya jadi mengingat dan memberi tahu bagaimana cara kita bermain layang-layang dari awal sampai akhir. 

Pertama: 
Banyak orang posting bagaimana cara membuat talikama (atau apa istilahnya didaerah kalian), disana memang sudah benar cara-caranya tetapi ada beberapa catatan dari saya untuk mengetahui apa yang dapat membuat layangan yang kita terbangkan anteng diudara. Yaitu adalah batang layangan ! Bila kalian melihat layanga tentu kalian ingin yang tidak kempot atau berat bila di ayun (kipas). Setelah itu kita pastikan batang pada kedua sisi sejajar sama rata antara kira dan kanan, itu yang menentukan layangan anda dapat anteng atau tidaknya. Kalau urusan talikama menurut saya tidak perlu terukur dengan cara diinternet, kita hanya perlu membuat talikama sesuai dengan yang kita harapkan, misalnya kita mau tarikan enteng jadi kita ikat talikamanya agak keatas dan bila ingin tarikan berat/gedek kita agak jauhkan talikama dan ikat agak ke tengah. Itu tips pertama untuk membuat talikama, cek layangan, batang seimbang kedua sisi dan talikama disesuaikan tarikan berat atau enteng.

Setelah itu jangan lupa selalu menggunakan benang gelasan atau narling untuk benang pertama dan benang urat untuk selanjutnya.
Untuk cara menaikan layangan pastikan tau arah angin, bila tidak bisa naikin layangan sendiri, minta tolong orang untuk membantu dengan cara orang tersebut pegang layangan dari jauh lalu benang kita tarik dan layangan langsung terbang keatas.
Terdapat catatan penting setelah kalian menaikan layangan ternyata masih berat sebelah/singit, bila layangan singit ke sebelah kanan kalian hanya perlu menekuk batang layangan sisi sebelah kiri demikian sebaliknya bila berat sebelah ke kiri tekuk sebelah kanan. Tapi perlu penyesuaian yang pas dalam waktu penekukan, bila berat sebelah tidak parah tekuk jangan terlalu lama, jika sangat parah berat sebelahnya tekukannya lebih lama, jadi disesuaikan juga bila kelebihan tekukannya maka sisi lawannya ditekuk agar seimbang.

Kedua:
Adu? Ngadu? Lawan? Itulah sebutannya untuk layangan musuh yang disekitar kita. Bagaimana cara ngadu? Ya, untuk saya main ulur adalah trik yang manjur buat saya. Tapi saya kalau ngadu tipenya sabar, ga buru-buru karena ingin menikmati memainkan layangan. Jadi bila saya ingin mengadu tentu akan membuat lawan "panas" dahulu agar mereka terpancing dan memainkan layangannya tidak terkendali. dan saat itu saya akan memulai dengan meniban layangan lawan dari atas, dengan bermain ulur secara stabil maka kita bida menang. Ingat bila benang itu siapa yang gesek dia yang menang, karena itu benang harus terus bergerak maju atau mundur. Karna bila saling gesek dan tiba-tiba kalian tahan kemungkinan besarnya adalah layangan putus. Jadi persiapkan benang yang cukup panjang untuk bermain uluran, pastikan juga gelasannya yang standar ya jangan yang murah. Jadi presentase kemengan dengan cara saya bermain adalah 3:1, 3 kali menang dan 1 kali kalah (putus) itupun karena alasan kena sambungan, benang saat diulur habis dan kena urat. Waw menarikkan presentase kemenangannya.

Itulah tips bermain layangan dari saya, menurut saya bermain layangan tidak menurut umurnya. Ya namanya hobi lama dan nostalgia bermain layangan disore hari ditemani sinar dan langit yang cerah, kita dapat menikmati hari-hari tersebut.

Terima kasih !

No comments:

© reymondrolas is powered by Blogger -